Astaga! Blog Ku Nggak Bisa Terbuka... Muncul Sebuah Pesan Galat? Ada apa ya?????

blogger templates
Para blogger semua (khusunya blogger pendatang baru, seperti aq) pasti panik karena mulai Kamis malam kemarin (tanggal 12 Mei 2011) dan Jumat (tanggal 13 Mei 2011) kalian tidak bisa masuk ke situs www.blogger.com (situs untuk login ke blog kita).. Otomatis, kalian juga tidak bisa membuat postingan baru ataupun sekedar mengedit postingan sobat blogger... Pada awalnya, aq juga panik dan bertanya-tanya, "Kok blog ku nggak bisa dibuka ya? Kenapa www.blogger.com muncul pesan galat? Apa mungkin blog ku kena hack, di bannned oleh blogger/blogspot, atau memang blogger/blogspot lagi gangguan atau sedang melakukan pemeliharaan (maintenance)?" 
Ketika aq mengakses www.blogger.com, aq disambut dengan tampilan tulisan di layar yang berbunyi (gambar 1):
Blogger saat ini tidak tersedia.
Blogger tidak tersedia saat ini. Kami mohon maaf atas terganggunya layanan ini.
Kunjungi Blogger Status untuk detail tambahan.
Gambar 1.
Setelah itu aq coba klik link Blogger Status untuk mencari penjelasan. Muncul sebuah layar galat yang berbunyi (gambar 2):

"Maafkan kami, tapi kami tidak dapat menyelesaikan permintaan Anda. 
Saat melaporkan galat ini ke Layanan Bantuan Blogger atau pada kelompok Bantuan Blogger, jangan lupa:
  • Jelaskan apa yang Anda lakukan sebelum galat ini muncul.
  • Sediakan kode galat dan informasi tambahan berikut ini.
bX-44dhos
INFORMASI TAMBAHAN
host: status.blogger.com
url: /

CARI BANTUAN
Lihat apakaha orang lain memiliki masalah yang sama: Telusuri Grup Bantuan Blogger untuk bX-44dhos
Apabila tidak ada hasil untuk penelusuran tersebut, Anda bisa memulai topik baru. Pastika untuk menyebutkan bX-44dhos di pesan Anda."
Gambar 2.
Aq coba cari di Blogger Status tentang munculnya sebuah pesan galat ketika mengakses www.blogger.com, akhirnya aq dapat penjelasan, ya walau dalam bahasa asing. Trus aq translate kan pake google translator, ternyata galat tersebut muncul karena google, dalam hal ini blogger/blogspot sedang melakukan pemeliharaan (maintenance).. Dalam keadaan pemeliharaan (maintenance), kita tidak bisa mengakses www.blogger.com. Akan tetapi kita masih bisa mengakses blog kita dengan status pengunjung, dalam hal ini blog kita hanya bisa dilihat, tapi tidak bisa diedit, baik dalam hal memposting ataupun mengedit postingan kita. Istilahnya, blog kita dalam keadaan "Mode Read Only" (gambar 3).
Gambar 3.
Aakhh, lega jadinya.. Prasangka q kl blog q kena hack ato di-banned ternyata tidak terjadi..Sembari menunggu masa maintenance blogger selesai, aq sering sekali mengakses www.blogger.com, ya kali aja maintenancenya sudah selesai.. Baru ke paginya (Sabtu, 14 Mei 2011) aq bisa kembali mengakses www.blogger.com dan sudah bisa masuk ke blog q.. 

So, bagi teman2 blogger yg masih pendatang baru, siapa tau kalian menghadapi hal semacam ini, kalian tidak perlu panik dan berprasangka buruk dulu terhadap blog kalian... Keep smile, don't panic. Try to find references... 

Sekian info dari q... Salam blogger all...









.